Header Ads

Saatnya yang Muda yang Bicara

Sukses Itu Hanya Soal Mengubah Cara Pandang!


Sukses?!

Siapa sih yang tidak ingin sukses. Tapi jika ditanya sukses itu apa pengertiannya, mungkin beragam jawaban definisinya. Bagi sebagian orang kesuksesan terlihat dari harta yang dimiliki, jabatan, bahkan kekuasaan. Sukses itu hanya soal mengubah cara pandang ko! Lah ko bisa?! Coba tanya diri kamu sendiri, bagaimana cara penilaian kamu mengenai kesuksesan orang lain. Jika kamu menggolong-golongkan kesuksesan orang lain kamu salah besar. Ingat, jangan mengkotak-kotakan persoalan kesuksesan. Tidak ada ukuran yang pasti seseorang itu dikatakan sukses atau tidak. Apa ada undang-undang yang mengatur soal sukses? Tidak ada kan?!. Nah, makanya jangan pernah menilai sesuatu berdasarkan ukuran. Dalam hidup ini ada yang tak pernah perlu diukur dengan persoalan angka.

Sukses itu terletak pada diri sendiri. Usaha, kerja keras, dan hasil. Ubah cara pandang diri sendiri soal sukses. Jika kesuksesan dapat diraih oleh siapapun berarti kamupun bisa sukses ko! hanya tinggal ubah cara pandang. Coba sudah sejauh mana kamu meraih hasil yang ingin kamu raih? Sudah maksimal atau hanya dalam angan-angan ?!

Mulailah tata hidup kamu dari sekarang. Sukses itu berarti ada target yang akan membuahkan sebuah hasil. Kesuksesan dalam diri kamu dapat terjadi jika kamu  berusaha, kemudian kamu merasa bahagia dan bersyukur pada sesuatu yang diusahakan itu sudah tercapai. Sukses itu soal mengubah cara pandang ko! Mulailah dengan sesuatu yang akan kamu inginkan menjadi sukses. Tanamkan dalam diri bahwa cara pandang sulit menjadi mudah, putus asa jadi semangat, pesimis jadi optimis, serta yang tidak mungkin menjadi mungkin. Ubah kata sukses itu dengan rincian-rincian yang perlu dilakukan untuk mencapai sesuatu yang diri sendiri katakan sukses. Kalau Cuma ditulis ingin menjadi sukses tanpa ada langkah pasti, apa akan terlaksana? Mulailah dari sekarang ubah cara pandang sukses itu. Nah, ada tips nih biar sukses itu mudah diraih:

1. Mulailah tulis apa yang akan dibuat sukses.
Tulis apa yang kamu akan capai dalam hidup kamu, seperti cita-cita yang diinginkan.

2. Tentukan langkah untuk mencapai itu.
Ingat! Ubah cara pandang berarti dalam diri tidak hanya menempuh satu jalan melainkan beberapa jalan menuju sesuatu yang akan dicapai. Jika tidak menentukan langkah, kamu tidak akan pernah bergerak menempuh kesuksesan itu.

3. Laksanakan setiap tahapan dalam meraih kesuksesan.
Kesuksesan akan diraih ketika kesempatan bertemu dengan sebuah usaha. Jika hanya ditulis kemudian ditentukan langkahnya tanpa dilaksanakan, sukses itu tidak akan kamu rasakan. Sukses itu kata, tapi dari kata itu mengandung makna untuk diubah jadi sebuah aksi.

4. Tetapkan diri untuk terus mencoba.
Kesuksesan itu tidak datang sekejap, ketika dengan kita berusaha sekali lantas sesuai dengan yang ada dalam bayangan. Jika sekali mencoba sukses itu terasa lantas untuk apa kita berusaha, mungkin jika seperti itu dunia akan penuh dengan orang-orang malas. Karena hanya dengan sekali mencoba langsung sukses. Memang seperti mie instan, seduh langsung jadi.  Ingat! Ubah cara pandang kamu.


Sukses itu dibentuk! Bukan diangan-angan! Ayo ubah cara pandang dan mulai bergerak untuk kehidupanmu!


Penulis:
Rifa Nurafia


_____________
Image credit : theforceoftheuniverse.com

No comments

Salam, Pemuda!
Saatnya yang Muda yang Bicara!


Terima kasih telah berkunjung, silakan berkomentar :)

*Segala hal yang berkaitan dengan tulisan dalam website ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tersebut sesuai yang tertera di bagian awal atau akhir tulisan.

________

// MudaBicara is one of Youth Community or Non-Profit Organization in Indonesia. We strive to provide a place for young people to voice ideas and literary works //