Header Ads

Saatnya yang Muda yang Bicara

Teknologi Pembentuk Pendidikan Masa Kini


Nah, di sini kita akan berbicara masalah tentang teknologi yang sangat membantu dalam media belajar dan mengajar yang semakin mudah digunakan. Berbagai teknologi media pembelajaran juga telah menjadi trend dan bahkan membantu sumber-sumber belajar mampu melewati batas-batas wilayah hingga ke seluruh dunia.

Menurut Commission on Instruction Technology (CIT), “Teknologi pembelajaran diartikan sebagai media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran di samping guru, buku teks, dan papan tulis. bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah televisi, film, OHP, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya”. Teknologi pembelajaran merupakan usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar dan mengajar untuk suatu tujuan pembelajaran khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan non manusia agar belajar dapat berlangsung efektif dalam pembelajaran. Jadi, teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan yang modern ini, karena kemajuan pada teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia sering kali mengunakan teknologi yang berupa laptop, speaker dan proyektor untuk menayangkan materi apa yang akan disajikan oleh guru di kelas. Misalnya, pada materi drama. Pada materi drama inilah guru bisa menampilkan materi dan contoh video drama yang akan ditayangkan kepada murid-murid di kelas. Lalu, dikaji dan analisis bersama-sama apa maksud dan amanat yang terdapat dalam drama tersebut. Kemudian, guru memberikan tugas kelompok kepada siswa untuk mencari drama yang ada di internet melalui situs Youtube yang sudah disarankan oleh guru di kelas.  Kemudian, dianalisis bersama kelompoknya lalu dipersentasikan di depan kelas pada pertemuan berikutnya.

Maka dari itu, setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi pendidikan dan kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus pada bidang teknologi dalam pendidikan dan masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam beberapa tahun ini. 

Kalau kita berbicara tentang teknologi, saat ini teknologi sudah menjadi lebih maju dan berkembang keberadaannya. Semua orang dalam kehidupan sehari-hari pasti menggunakan teknologi. Selain itu, pada zaman digital yang saat ini semakin modern, setiap manusia dan begitu pula setiap siswa yang  dituntut untuk selalu mengikuti segala perkembangan yang ada, contohnya pada teknologi. Kita ketahui teknologi yang selalu mengalami perkembangan yang begitu pesat (cepat) yaitu, dimana masa yang serba baru memberi perubahan yang sangat cepat dan perkembangan teknologi yang sangat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga kita dikenalkan dengan apa itu internet dan dari perkembangan teknologi internet inilah yang dapat menimbulkan dampak bagi pembentukan kepribadian siswa, karena siswa saat ini telah banyak dituntut untuk mengenal penggunaan teknologi internet. Bahkan banyak sekolah saat ini yang sudah menerapkan teknologi internet sebagai bagian dari kurikulum pendidikannya seperti E-Learning, Perpustakaan Online, Pembelajaran Berbasis Komputer, dan Diskusi Online. dimana untuk mencari bahan belajar bisa dengan mudah diakses lewat internet. dari penggunaan internet oleh siswa tentu akan membawa pengaruh bagi pembentukan pribadi siswa.

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan;

1. Pembelajaran Berbasis Komputer

Semua orang pasti mengetahui apa itu komputer. Komputer merupakan alat yang berbentuk kotak atau persegi empat, yang disebut perangkat keras yang sering berada diruang multimedia, laboratorium bahasa dan kantor sekolah. Dalam bidang pendidikan, pengenalan pada teknologi ini sangat penting. Karena dapat mengolah tulisan, membuka internet, dll. Sekarang ini, untuk pelajar harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar. Karena, ujian nasional sudah menggunakan komputer untuk menginput datanya.

2. Perpustakaan Online

Adalah perpustakaan yang dikelola secara online di internet, untuk berbagi bahan bacaan atau bahan referensi bagi orang-orang yang ada di seluruh dunia dalam bentuk digital. Menurut Gatot Subroto, perpustakaan digital adalah penerapan teknologi informasi sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan, dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital. Atau secara sederhana dapat dianalogikan sebagai tempat menyimpan koleksi perpustakaan yang sudah dalam bentuk digital. Nah, di sini para pelajar bisa mencari referensi buku yang berbentuk digital yang berada di luar negeri sebagai bahan referensi tambahan untuk membaca. Maka di sini peran guru sangat penting dalam membimbing siswanya.

3. E-Learning

Merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada zaman digital ini. Banyak juga pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan yang sifatnya memfasilitasi siswa. Misalnya, kini siswa dapat mengakses materi pelajaran berupa video, gambar dan mengerjakan tes dan latihan soal secara online. Dengan begitu, siswa tidak perlu lagi membawa buku latihan soal yang tebal. Jika siswa merasa kebingungan saat belajar atau mengerjakan tugas, siswa juga bisa bertanya kepada guru yang kompeten melalui aplikasi belajar online di media sosial.  Berkat teknologi, belajar dan mengajar dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

4. Diskusi Online

Adalah dimana para pelajar dapat mendiskusikan suatu pelajaran tanpa harus bertemu atau berkumpul di suatu tempat. Biasanya ini sering dilakukan oleh guru untuk berkomunikasi dengan siswa melalui grup Whatshap atau Line untuk membahas suatu pelajaran secara online.

Jadi, teknologi pendidikan adalah studi dan praktek yang sesuai dalam memberi kemudahan belajar, penggunaan dan pengelolaan proses pada sumber teknologi yang tepat. Maka, dunia pendidikan pada perkembangan teknologi dan informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi, dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal, yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Jika dilihat pada saat sekarang ini, perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Namun di sisi lain, juga memiliki dampak negatif bagi sistem pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, peran pembimbing atau fasilitator pada anak di sekolah dan di rumah sangatlah penting, agar anak tidak terjerumus dalam hal yang negatif di dunia teknologi dan internet.


Penulis:
Syahla Farhaini
Mahasiswa Pascasarjana 
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)


______________
Image Credit: infobae.com

No comments

Salam, Pemuda!
Saatnya yang Muda yang Bicara!


Terima kasih telah berkunjung, silakan berkomentar :)

*Segala hal yang berkaitan dengan tulisan dalam website ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tersebut sesuai yang tertera di bagian awal atau akhir tulisan.

________

// MudaBicara is one of Youth Community or Non-Profit Organization in Indonesia. We strive to provide a place for young people to voice ideas and literary works //