Header Ads

Saatnya yang Muda yang Bicara

Ceria Yatamaa: Anak Yatim Juga Berhak Piknik



Suatu malam, saya dan teman-teman sedang minum kopi di  bale, sambil selonjoran, melamun, eh..., tiba-tiba Hendra Betok nyeletuk: “Saya pengen banget ngajak anak yatim kita (yatim lingkungan) jalan-jalan”. Teman-teman bersorak: “Hayu..., kita jalanin”

Begitulah cerita yang disampaikan oleh Ras Muamar, ketika ditanyakan asal-usul 'Ceria Yatamaa'  yang diinisiasinya bersama dengan teman-teman 'Saung Uyuhan' lainnya.

***

Bagi anak-anak yang masih memiliki orang tua lengkap (ayah dan ibu), piknik atau jalan-jalan ke suatu tempat wisata sangatlah mudah diwujudkan. Namun bagaimana dengan anak-anak yatim? Apalagi jika pasca ditinggal sang ayah, keluarga tak lagi memiliki penghasilan yang cukup, tentu sangat sulit untuk bisa piknik bahkan dalam setahun sekalipun.

Ceria Yatamaa adalah sebuah komunitas anak muda yang mencoba memahami keadaan tersebut. Mereka tergerak untuk memberikan keceriaan kepada anak-anak yatim usia dini, dengan mengumpulkan donasi dari kelompok mereka sendiri dan juga masyarakat umum, untuk bisa membawa anak-anak yatim liburan/jalan-jalan.

Ceria Yatamaa Tour dilaksanakan setiap habis lebaran Idul Fitri, dengan ruang lingkup di sekitar Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Program ini telah dimulai sejak tahun 2015, membawa anak-anak yatim piknik ke Cibodas, Puncak Bogor.

Ceria Yatamaa Tour - Cibodas 2015.





Tahun kedua, 2016, piknik ke Pantai Carita Beach.

Ceria Yatamaa, Pantai Anyer 2016




Tahun 2017,  ke Taman Matahari, Puncak Bogor. 

Ceria Yatamaa Tour, Taman Matahari 2017.

Dan tahun ini, 2018, ke The Jungle, Bogor.


Ceria Yatamaa Tour, The Jungle Bogor 2018

Pada dasarnya, Ceria Yatamaa ingin memberikan sedikit kebahagiaan nafkah batin kepada adik-adik Yatamaa, di samping sudah banyak komunitas, lembaga, yayasan, dll., yang memberikan nafkah secara meteri (walaupun belum bisa mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari). Oleh karena itu, kegiatan Ceria Yatamaa Tour ini diharapkan tidak hanya memberikan rasa bahagia pada saat itu saja, namun dapat memberi kesan sampai seterusnya, sehingga anak-anak tersebut kelak bisa meneruskan kegiatan ini untuk menafkahi batin adik-adiknya di masa yang akan datang.

Bang Muamar menambahkan:
Anak yatim menangis, 'Arasy berguncang. Sabda Tuhan: “Demi Keagungan-Ku, siapa saja yang menghiburnya dan menghentikan tangisnya, Aku pastikan baginya surga”. (hadis Qudsi, 208)

_____________________________

Penulis:
Alna Nashrulloh

Narasumber:
Ras Muamar
(Saung Uyuhan & Pecinta Yatim)


_____________________________

Informasi & Donasi

CERIA YATAMAA
Instagram : @ceria_yatamaa
Facebook : Tour Ceria Yatamaa
Email : ceriayatamaa2015@gmail.com
WhatsApp :
-Hendra (0878-8380-2939)
-Ido (0857-3934-4153)





2 comments:

  1. Semoga tahun depan kita bisa jadi donatur. Aamiin :)

    ReplyDelete
  2. Semoga dengan adanya Ceria Yatamaa ini bisa menjadi inspirasi kita semua khususnya kaum muda untuk memberikan rasa peduli dan kasih sayang kepada adik-adik kita yang masih membutuhkan perhatian lebih dari kita semua. Amin..

    ReplyDelete

Salam, Pemuda!
Saatnya yang Muda yang Bicara!


Terima kasih telah berkunjung, silakan berkomentar :)

*Segala hal yang berkaitan dengan tulisan dalam website ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis tersebut sesuai yang tertera di bagian awal atau akhir tulisan.

________

// MudaBicara is one of Youth Community or Non-Profit Organization in Indonesia. We strive to provide a place for young people to voice ideas and literary works //